Friday, May 19, 2017

Ulasan 1 : GPL LGPL BSD MIT EULA MADNESS!

Di postingan kali ini saya akan mengulas sebuah video yang berjudul "GPL LGPL BSD MIT EULA MADNESS!" membahas mengenai pengertian antara GPL, LGPL, BSD license, MIT license dan EULA. Video tersebut diunggah oleh Spatry dan dapat dilihat di https://youtu.be/GSJ4BXsR5Xw . Video yang memiliki durasi 5 menit 59 detik dan diunggah pada tanggal 27 Juni 2012 ini sudah ditonton sebanyak 4.097 views.

Video ini pertama menjelaskan mengenai GNU GPL (General Public License), adalah lisensi software yang paling banyak digunakan, yang menjamin semua orang ataupun organisasi memiliki kebebasan untuk menggunakan ataupun memodifikasi. Sama seperti GPL, yang berbeda dengan LGPL (Lesser General Public License) adalah kalau LGPL dapat dipakai di propietary software atau non-free software. BSD License memberikan kebebasan sebebas-bebasnya pada pengguna untuk melakukan apapun pada kode selama tetap menyertakan lisensi dan copyright. MIT License adalah lisensi yang berasal dari Massachusetts Institute of Technology (MIT), sedangkan EULA (End User License Agreement) adalah perjanjian antara pembuat aplikasi perangkat lunak dan si pengguna aplikasi tersebut. 

Menurut saya, video ini sangat menarik untuk ditonton. Terutama bagi saya yang sebelumnya belum mengerti jenis-jenis lisensi perangkat lunak. Dijelaskan dengan pembawaan yang mudah dicerna dan cukup jenaka sehingga mudah bagi saya untuk memahami apa itu GPL, LGPL, BSD License, MIT License, dan apa itu EULA. 

Github account : akbsetiadi
URL ulasan : https://makbarsetiadi.blogspot.co.id/2017/05/ulasan-1-gpl-lgpl-bsd-mit-eula-madness.html
Video author : Spatry
Pemetaan : week01
Revisi Pertama : 20 Mei 2017
Revisi Terakhir : 20 Mei 2017

No comments:

Post a Comment